Langsung ke konten utama

Bekerjalah dari nilai zero sampai tak ternilai . . . .

Bekerjalah dari nilai zero  sampai tak ternilai . . . .

Pada waktu tahun 1999, ekonomi negara masih sulit karena ada nya krisis moneter, sektor pembangunan di dalam negeri melambat seiring dana stimulus keuangan terpusat untuk recovery negara. Kreasi daya inovasi kami terpacu untuk terus survival dalam rimba kehidupan yang penuh perjuangan. Bergabung nya kami dalam sebuah perusahaan yang memiliki visi misi pengembangan inovasi memberikan semangat baru. Kami terus mengembangan karya karya keteknik sipilan dengan terus berdiskusi dan meneliti dengan para pakar. Prof Azis Jaya Saputra, adalah tokoh saya idola kan, Beliau adalah Guru besar di ITB dalam geoteknik. Beliau seorang yang penuh bijaksana dan penuh kesabaran dalam mengarahkan kami dalam karya pengembangan sebuah inovasi. Dari konsep pemadatan tanah pun beliau menyarankan kepada kami untuk agar lebih di memperhatikannya  di dalam konsep pengembangan pondasi sarang laba – laba. Jadi terpikir pengembangan nya dengan konsep matras (mineral untuk perkerasan tanah) maupun dengan konsep pengembangan pemadatan tanah dengan memakai jenis mikroba. Walaupun semua konsep diatas masih dalam pengembangan, memberikan arti atau nilai bahwa kami telah didukung untuk terus berkarya dalam inovasi teknologi. Dari semua konsep pengembangan kimiawi di atas kami juga didukung oleh Ir. Basuki dalam pengembangan mekaniksasi dalam pemadatan di dalam pondasi laba – laba. Konsep ini mengandalkan mekanik mesin agar lebih efisiensi dalam pemadatan tanah nya. Terimakasih kepada rekan – rekan pendukung pengembangan pondasi laba – laba . karya pengembangan di dalam pondasi laba – laba ini memberikan sebuah arti bahwa ide – ide tersebut akan menciptakan efisiensi dan menambah kehandalan akan pondasi ramah gempa. Konsep pondasi ramah gempa ini terus disampaikan menjadi tag line kami, karena gaya gempa yang akan mengenai struktur portal sebuah bangunan akan tereduksi. Reduksi dari gaya gempa ini diakibatkan tanah dan pasir didalam pondasi laba – laba ini bersifat elastis. Pengaruh ini pernah kami teliti pengaruh beban yang lewat dengan getaran pada struktur pondasi nya. Getaran beban yang lewat untuk pondasi jaring laba – laba untuk jalan, struktur pelatnya bergetar sangat kecil sekali yaitu sekitar 0,008 – 0,012 mm terpantau dalam logger kami.



Pengetahuan masih terus digali untuk pengembangan produk yang lain, seperti Tripot subbase system, sebuah sistem untuk perkerasan jalan.
#salaminovasi.
Penulis : hamboro, pemerhati gempa dan infrastruktur, 5 Juli 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Mengatasi beton setting dan Kegalauan ala Enjiner Pemula ....

Kuat beton terhadap beban sudah dipastikan disesuaikan dengan beban rencana. Modelling sudah turut ambil data dari berbagai kemungkinan kuat beton tidak tercukupi. Artinya ada toleransi jika mutu beton tidak mencapai yang telah disyaratkan. Banyak  kegagalan konstruksi yang diakibatkan kekurangan mutu kuat beton. Terlebih beton untuk konstruksi struktur bangunan utama, yaitu gedung, abutment dan pilar jembatan, bahkan yang digunakan untuk infrastruktur jalan. Ketika investigasi dalam internal audit dilaksanakan, banyak sekarang para enjiner pemula yang kurang berpengalaman dalam pelaksanaan di lapangan. Bekal informasi pengembangan teknologi beton yang kurang, sehingga begitu dihadapkan skedul kerja yang cepat maka banyak menemui kendala di lapangan. Para Enjiner Perencana Konstruksi sudah juga memberikan toleransi agar  bisa dilaksanakan di lapangan. Penting bagi Enjineer pelaksana atau yang Pemula , mengetahui karakterikstik beton mutu tinggi yang akan di pakai, sehingga bisa me

Pembuatan sampling matras (mineral untuk perkerasan jalan)

Matras (mineral untuk perkerasan jalan) Matras adalah sebuah teknologi perkerasan jalan yang menggunakan mineral additiv alami yang di mix dengan soil cement dalam komposisi tertentu solusi untuk tanah dasar berlempung dan sejenisnya. teknologi ini ditemukan oleh putra putra bangsa yang berdedikasi untuk menyumbangkan pemiikiran nya untuk sebuah karya inovasi, yang mudah, terjangkau dan memilli ketahanan terhadap beban lalu litas yang lewat. Untuk membuat campuran matras lebih efisien, maka dibuatkan lah sampling yang di uji UCS dengan berbagai berat matras nya. Pengujian ini nantinya akan: di berlakukan untuk komposisi yang lebih besar. terkait perbandingan berat atau masaa dari matrasnya dibandingkan tanah asli dibandingkan semennya. teknologi ini tepat digunakan untuk jalan yang kurang materail batu alam nya.