Langsung ke konten utama
Teknik konstruksi jalla pada tanggal 28 desember 2015

Penjelasan fungsi jalla untuk perkerasan jalan, yang sekaligus sebagai konstruksi rigid pavement modified. Konstruksi Jalla ini teruji untuk tanah dasar yang memiliki kondisi yang ekstrem. Tanah dasar yang memiliki potensi kembang susut tinggi, tanah dasar yang lunak maupun tanah dasar yang memiliki gambut yang tebal. Hasil Uji riset yang dilakukan Dr. Helmy, membuktikan tingkat kehandalan konstruksi ini. Menyimpulkan bahwa beban teralurkan dengan baik melalui lebar rib dan sisinya sampai akhirnya di dukung oleh plat jalla. Kondisi ini masih dalam small strain yang berarti masih dalam batas elastis. Penyesuaian ketinggian rib diperlukan untuk di daerah peningkatan jalan. Dalam pemaparan teknis oleh katama, disampaikan oleh Hamboro widodo (divisi perencanaan dan pengembangan, PT. Katama), penggunaan metode precast untuk solusi percepatan kerja dalam mengatasi trafic manajemen di dalam pelaksanaan konstruksinya. Percepatan ini dibutuhkan untuk meminimalkan waktu pengerjakan beton insitu. Proses pembuatan beton rin dan buhul yang sudah di prefab, sangat memungkin kan waktu erection nya cepat, dan urugan dalam segitiga jalla bisa di lakukan setelah semua ter-koneksi dengan baik. Sedangkan plat jalla masih digunakan step manual dengan speed concrete agar jalan bisa segera digunakan. 
kemampuan dalam penyebaran beban dan struktur yang memiliki tingkat kekauan yang tinggi, membuat konstruksi Jalla ini dapat menahan beban MST sampai 30 Ton. 
penulis : Hamboro W,- 6 Januari 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Mengatasi beton setting dan Kegalauan ala Enjiner Pemula ....

Kuat beton terhadap beban sudah dipastikan disesuaikan dengan beban rencana. Modelling sudah turut ambil data dari berbagai kemungkinan kuat beton tidak tercukupi. Artinya ada toleransi jika mutu beton tidak mencapai yang telah disyaratkan. Banyak  kegagalan konstruksi yang diakibatkan kekurangan mutu kuat beton. Terlebih beton untuk konstruksi struktur bangunan utama, yaitu gedung, abutment dan pilar jembatan, bahkan yang digunakan untuk infrastruktur jalan. Ketika investigasi dalam internal audit dilaksanakan, banyak sekarang para enjiner pemula yang kurang berpengalaman dalam pelaksanaan di lapangan. Bekal informasi pengembangan teknologi beton yang kurang, sehingga begitu dihadapkan skedul kerja yang cepat maka banyak menemui kendala di lapangan. Para Enjiner Perencana Konstruksi sudah juga memberikan toleransi agar  bisa dilaksanakan di lapangan. Penting bagi Enjineer pelaksana atau yang Pemula , mengetahui karakterikstik beton mutu tinggi yang akan di pakai, sehingga bisa me

Pembuatan sampling matras (mineral untuk perkerasan jalan)

Matras (mineral untuk perkerasan jalan) Matras adalah sebuah teknologi perkerasan jalan yang menggunakan mineral additiv alami yang di mix dengan soil cement dalam komposisi tertentu solusi untuk tanah dasar berlempung dan sejenisnya. teknologi ini ditemukan oleh putra putra bangsa yang berdedikasi untuk menyumbangkan pemiikiran nya untuk sebuah karya inovasi, yang mudah, terjangkau dan memilli ketahanan terhadap beban lalu litas yang lewat. Untuk membuat campuran matras lebih efisien, maka dibuatkan lah sampling yang di uji UCS dengan berbagai berat matras nya. Pengujian ini nantinya akan: di berlakukan untuk komposisi yang lebih besar. terkait perbandingan berat atau masaa dari matrasnya dibandingkan tanah asli dibandingkan semennya. teknologi ini tepat digunakan untuk jalan yang kurang materail batu alam nya.