Langsung ke konten utama
Longsor
(Landslide)

pengertian longsor menurut pengetahuan saya   adalah perpindahan masa tanah mencapai kesetimbangan nya. Banyak faktor yang mengakibatkan masa tanah berpindah yaitu tinggi nya curah hujan, aliran tanah nya terganggu dan tentunya mengakibatkan masa tanah akan berpindah mencari kesetimbangan nya yaitu mencari posisi yang stabil tentunya. longsor terjadi pada tanah yang relatif tidak stabil. tanah yang kepadatan nya kurang dan tentunya kurang nya pendukung dari perkuatan yang ada baik perkuatan alami maupun buatan.
faktor hujan maupun air tanah sangat berpengaruh pada potensi kelongsoran. bertambahan nya air dalam tanah menambah tegangan pori pada tanah dan membuat tanah menjadi lemah dan tidak stabil. terutama rembesan air. dengan beban sendiri air tanah dalam masa tanah dan beban layan yang akan ditanggung oleh tanah mengakibatkan keruntuhan tanah. aliran air tanah rembesan hendak nya di alurkan dengan pipa pipa pvc yang dipasang untuk drainase. penting nya drainase tsb menjaga kestabilan tanah yang ada. 
Segala perhitungan yang baik tentunya di dasarkan dtan yang akurat dilapangan dan pengalaman enginer di site untuk aplikasi tentunya menentukan hasil yang baik dan optimal. jangan hanya diserahkan pada tukang atau pekerja saja.
selamatkan konstruksi kita.
Hamboro widodo,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Mengatasi beton setting dan Kegalauan ala Enjiner Pemula ....

Kuat beton terhadap beban sudah dipastikan disesuaikan dengan beban rencana. Modelling sudah turut ambil data dari berbagai kemungkinan kuat beton tidak tercukupi. Artinya ada toleransi jika mutu beton tidak mencapai yang telah disyaratkan. Banyak  kegagalan konstruksi yang diakibatkan kekurangan mutu kuat beton. Terlebih beton untuk konstruksi struktur bangunan utama, yaitu gedung, abutment dan pilar jembatan, bahkan yang digunakan untuk infrastruktur jalan. Ketika investigasi dalam internal audit dilaksanakan, banyak sekarang para enjiner pemula yang kurang berpengalaman dalam pelaksanaan di lapangan. Bekal informasi pengembangan teknologi beton yang kurang, sehingga begitu dihadapkan skedul kerja yang cepat maka banyak menemui kendala di lapangan. Para Enjiner Perencana Konstruksi sudah juga memberikan toleransi agar  bisa dilaksanakan di lapangan. Penting bagi Enjineer pelaksana atau yang Pemula , mengetahui karakterikstik beton mutu tinggi yang akan di pakai, sehingga bisa me

Pembuatan sampling matras (mineral untuk perkerasan jalan)

Matras (mineral untuk perkerasan jalan) Matras adalah sebuah teknologi perkerasan jalan yang menggunakan mineral additiv alami yang di mix dengan soil cement dalam komposisi tertentu solusi untuk tanah dasar berlempung dan sejenisnya. teknologi ini ditemukan oleh putra putra bangsa yang berdedikasi untuk menyumbangkan pemiikiran nya untuk sebuah karya inovasi, yang mudah, terjangkau dan memilli ketahanan terhadap beban lalu litas yang lewat. Untuk membuat campuran matras lebih efisien, maka dibuatkan lah sampling yang di uji UCS dengan berbagai berat matras nya. Pengujian ini nantinya akan: di berlakukan untuk komposisi yang lebih besar. terkait perbandingan berat atau masaa dari matrasnya dibandingkan tanah asli dibandingkan semennya. teknologi ini tepat digunakan untuk jalan yang kurang materail batu alam nya.