Langsung ke konten utama
Longsor
(Landslide)

pengertian longsor menurut pengetahuan saya   adalah perpindahan masa tanah mencapai kesetimbangan nya. Banyak faktor yang mengakibatkan masa tanah berpindah yaitu tinggi nya curah hujan, aliran tanah nya terganggu dan tentunya mengakibatkan masa tanah akan berpindah mencari kesetimbangan nya yaitu mencari posisi yang stabil tentunya. longsor terjadi pada tanah yang relatif tidak stabil. tanah yang kepadatan nya kurang dan tentunya kurang nya pendukung dari perkuatan yang ada baik perkuatan alami maupun buatan.
faktor hujan maupun air tanah sangat berpengaruh pada potensi kelongsoran. bertambahan nya air dalam tanah menambah tegangan pori pada tanah dan membuat tanah menjadi lemah dan tidak stabil. terutama rembesan air. dengan beban sendiri air tanah dalam masa tanah dan beban layan yang akan ditanggung oleh tanah mengakibatkan keruntuhan tanah. aliran air tanah rembesan hendak nya di alurkan dengan pipa pipa pvc yang dipasang untuk drainase. penting nya drainase tsb menjaga kestabilan tanah yang ada. 
Segala perhitungan yang baik tentunya di dasarkan dtan yang akurat dilapangan dan pengalaman enginer di site untuk aplikasi tentunya menentukan hasil yang baik dan optimal. jangan hanya diserahkan pada tukang atau pekerja saja.
selamatkan konstruksi kita.
Hamboro widodo,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ?

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ? terdapat banyak retak jika kita perhatikan pada struktur rigid pavement, bisa kami sampaikan terdiri sebagai berikut : A. Retak Struktural Hancur ,  ciri - ciri : beton hancur, pecah menjadi berkeping keping kecil berukuran sekitar , 50 CM X 50 CM Penyebab : tekanan atau beban melampaui daya dukung tanah (tanah dasar soft soil) solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan sistem inovasi yang lebih kuat. Patah dan bergelombang ciri - ciri : rigid beton nya tampak patah dan bergelombang permukaan plat sebagian ambles dengan selisih tinggi > 1 cm dan bergelombang. Penyebab : konstruksi rigid nya kurang kaku, ada setlement dari lapisan tanah pendukung yang tidak rata. solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan konstruksi yang lebih baik pada segment tersebut. Retak > 5 mm dan bergelombang ciri - ciri : Beton retak dalam satu arah ke arah memanjang atau ke arah melebar, permukaan bergelombang tak beraturan...

Modulus Elastis Tanah

Modulus elastis (Es) , modulus geser dan poisso’s ratio adalah bahan penting  untuk kepentingan untuk prinsip elastis properties. Ks (modulus subgrade) adalah perbandingan antara  ∆σ / ∆δ = perubahan tegangan dengan deformasi.prinsip ini digunakan untuk spring konstanta untuk pondasi dangkal, terutama pondasi Konstruksi sarang laba – laba (KSLL). Tabel 2-6 berbgai Nilai dari static stress dan strain modulus (Es) untuk jenis tanah yang diseleksi. Tergantung dari history dari stress dan kadar air Soil Es MPa Clay Very soft 2 - 15 Soft 5 - 25 Medium 15 -50 Hard 50 -100 Sandy 25 – 250 Glacial till Loose 10 – 153 Dense 144 – 720 Very Dense 478 – 1440 ...