Langsung ke konten utama

Kuat Geser Tanah


Kuat Geser tanah adalah kemampuan tanah melawan tegangan geser yang terjadi akibat tanah terbebani. Kuat geser tanah ( shear failure) tanah yang terjadi bukan nya hancurnya butir butir tanah tersebut tetapi adanya gesekan relatif yang terjadi antar butir butir tanah. Peristiwa land slide (longsor) merupakan gerakan butir butir tanah tersebut. Tanah dikatakan mempunyai kekuatan geser 
1.Tanah yang mempunyai kohesif (berbutir halus) maka kekuatan geser yang terjadi diakibatkan    adanya kohesi atau lekatan di antar butir butir halus tersebut. Jadi disebut c soil.
2. Sedangkan untuk tanah berbutir kasar maka kekuatan gesernya disebabkan adanya gesekan antar butir butir tanahnya yang disebut dengan sudut gesek dalam ( ϕ soil).
3. Jika tanah tersebut memiliki butiran halus dan kasar maka kekuatan gesernya ada pada c soil dan ϕ soil yaitu ada kohesi dan gesekan antar butir butir tanahnya.

S = c’ + σ’ tan ϕ

S = kekuatan geser tanah.

σ = Tegangan total
σ’ = tegangan efektif
ϕ’ = sudut geser efektif
c’ = kohesi
U  = Tekanan air pori




Hubungan tegangan total, tekanan air pori dan tegangan efektif adalah sebagai berikut :





Semarang, 12 April 2020
Hamboro Widodo,ST
Pemerhati infrastruktur


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Mengatasi beton setting dan Kegalauan ala Enjiner Pemula ....

Kuat beton terhadap beban sudah dipastikan disesuaikan dengan beban rencana. Modelling sudah turut ambil data dari berbagai kemungkinan kuat beton tidak tercukupi. Artinya ada toleransi jika mutu beton tidak mencapai yang telah disyaratkan. Banyak  kegagalan konstruksi yang diakibatkan kekurangan mutu kuat beton. Terlebih beton untuk konstruksi struktur bangunan utama, yaitu gedung, abutment dan pilar jembatan, bahkan yang digunakan untuk infrastruktur jalan. Ketika investigasi dalam internal audit dilaksanakan, banyak sekarang para enjiner pemula yang kurang berpengalaman dalam pelaksanaan di lapangan. Bekal informasi pengembangan teknologi beton yang kurang, sehingga begitu dihadapkan skedul kerja yang cepat maka banyak menemui kendala di lapangan. Para Enjiner Perencana Konstruksi sudah juga memberikan toleransi agar  bisa dilaksanakan di lapangan. Penting bagi Enjineer pelaksana atau yang Pemula , mengetahui karakterikstik beton mutu tinggi yang akan di pakai, sehingga bisa me

Pembuatan sampling matras (mineral untuk perkerasan jalan)

Matras (mineral untuk perkerasan jalan) Matras adalah sebuah teknologi perkerasan jalan yang menggunakan mineral additiv alami yang di mix dengan soil cement dalam komposisi tertentu solusi untuk tanah dasar berlempung dan sejenisnya. teknologi ini ditemukan oleh putra putra bangsa yang berdedikasi untuk menyumbangkan pemiikiran nya untuk sebuah karya inovasi, yang mudah, terjangkau dan memilli ketahanan terhadap beban lalu litas yang lewat. Untuk membuat campuran matras lebih efisien, maka dibuatkan lah sampling yang di uji UCS dengan berbagai berat matras nya. Pengujian ini nantinya akan: di berlakukan untuk komposisi yang lebih besar. terkait perbandingan berat atau masaa dari matrasnya dibandingkan tanah asli dibandingkan semennya. teknologi ini tepat digunakan untuk jalan yang kurang materail batu alam nya.