Langsung ke konten utama

Kuat Geser Tanah


Kuat Geser tanah adalah kemampuan tanah melawan tegangan geser yang terjadi akibat tanah terbebani. Kuat geser tanah ( shear failure) tanah yang terjadi bukan nya hancurnya butir butir tanah tersebut tetapi adanya gesekan relatif yang terjadi antar butir butir tanah. Peristiwa land slide (longsor) merupakan gerakan butir butir tanah tersebut. Tanah dikatakan mempunyai kekuatan geser 
1.Tanah yang mempunyai kohesif (berbutir halus) maka kekuatan geser yang terjadi diakibatkan    adanya kohesi atau lekatan di antar butir butir halus tersebut. Jadi disebut c soil.
2. Sedangkan untuk tanah berbutir kasar maka kekuatan gesernya disebabkan adanya gesekan antar butir butir tanahnya yang disebut dengan sudut gesek dalam ( ϕ soil).
3. Jika tanah tersebut memiliki butiran halus dan kasar maka kekuatan gesernya ada pada c soil dan ϕ soil yaitu ada kohesi dan gesekan antar butir butir tanahnya.

S = c’ + σ’ tan ϕ

S = kekuatan geser tanah.

σ = Tegangan total
σ’ = tegangan efektif
ϕ’ = sudut geser efektif
c’ = kohesi
U  = Tekanan air pori




Hubungan tegangan total, tekanan air pori dan tegangan efektif adalah sebagai berikut :





Semarang, 12 April 2020
Hamboro Widodo,ST
Pemerhati infrastruktur


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ?

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ? terdapat banyak retak jika kita perhatikan pada struktur rigid pavement, bisa kami sampaikan terdiri sebagai berikut : A. Retak Struktural Hancur ,  ciri - ciri : beton hancur, pecah menjadi berkeping keping kecil berukuran sekitar , 50 CM X 50 CM Penyebab : tekanan atau beban melampaui daya dukung tanah (tanah dasar soft soil) solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan sistem inovasi yang lebih kuat. Patah dan bergelombang ciri - ciri : rigid beton nya tampak patah dan bergelombang permukaan plat sebagian ambles dengan selisih tinggi > 1 cm dan bergelombang. Penyebab : konstruksi rigid nya kurang kaku, ada setlement dari lapisan tanah pendukung yang tidak rata. solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan konstruksi yang lebih baik pada segment tersebut. Retak > 5 mm dan bergelombang ciri - ciri : Beton retak dalam satu arah ke arah memanjang atau ke arah melebar, permukaan bergelombang tak beraturan...

Modulus Elastis Tanah

Modulus elastis (Es) , modulus geser dan poisso’s ratio adalah bahan penting  untuk kepentingan untuk prinsip elastis properties. Ks (modulus subgrade) adalah perbandingan antara  ∆σ / ∆δ = perubahan tegangan dengan deformasi.prinsip ini digunakan untuk spring konstanta untuk pondasi dangkal, terutama pondasi Konstruksi sarang laba – laba (KSLL). Tabel 2-6 berbgai Nilai dari static stress dan strain modulus (Es) untuk jenis tanah yang diseleksi. Tergantung dari history dari stress dan kadar air Soil Es MPa Clay Very soft 2 - 15 Soft 5 - 25 Medium 15 -50 Hard 50 -100 Sandy 25 – 250 Glacial till Loose 10 – 153 Dense 144 – 720 Very Dense 478 – 1440 ...