Langsung ke konten utama

flexible concrete untuk solusi 4 jam lalu lintas bisa digunakan kembali...

Flexible concrete (Flexcon)

Terbayang kita akan artinya nya dari judul di atas, berarti beton yang lentur. kita tahu bahwa beton adalah bersifat kaku, dengan kata lain perkerasan beton menggunakan modulus beton yang bersifat kaku. kekuatan beton adalah faktor untuk menentukan tebal tipis nya beton yang akan digunakan, selain itu faktor tanah dasar nya juga memberikan andil. kerusakan beton rigid untuk pavemen telah kita bahas di blog sebelumnya. untuk itu kami bersama penemu / inventor untuk perkerasa jalan, bersama - sama mengembangkang konsep beton yang bersifat elastis, sehingga memiliki daya lentur yang lebih dari beton biasa. konsep beton lentur yang akan kita bahas untuk penyelesaian pada jalan yang memiliki tingkat tanah dasar nya yang memiliki daya dukung ber variasi dan beban muatan yang besar. ya temen kami menyebutnya FLexcon. teknologi ini berkembang hasil karya anak bangsa Indonesia yang peduli pada infrastruktur jalan. komposisi flexccon ini adalah sekitar 6% dari berat beton. untuk cara kerja nya : beton K400 di tambah additif flexcon kemudian diaduk 30 menit, selanjutnya beton dihampar dan dibentuk dengan jidar pada permukaanbeton nya. setelah beton agak setting selama 3 jam, baru di padatkan dengan tandem roller agar padat beton nya. dengan adanya inovasi ini, jalan akan lebih lentur walau di beton yang bersifat rigid (kaku). jadi meminimalis kerusakan over loading dengan kondisi tanah dasar yang bervariasi modulus nya.

Penulis : Hamboro : peduli gempa dan infra struktur, 15 Juni 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ?

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ? terdapat banyak retak jika kita perhatikan pada struktur rigid pavement, bisa kami sampaikan terdiri sebagai berikut : A. Retak Struktural Hancur ,  ciri - ciri : beton hancur, pecah menjadi berkeping keping kecil berukuran sekitar , 50 CM X 50 CM Penyebab : tekanan atau beban melampaui daya dukung tanah (tanah dasar soft soil) solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan sistem inovasi yang lebih kuat. Patah dan bergelombang ciri - ciri : rigid beton nya tampak patah dan bergelombang permukaan plat sebagian ambles dengan selisih tinggi > 1 cm dan bergelombang. Penyebab : konstruksi rigid nya kurang kaku, ada setlement dari lapisan tanah pendukung yang tidak rata. solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan konstruksi yang lebih baik pada segment tersebut. Retak > 5 mm dan bergelombang ciri - ciri : Beton retak dalam satu arah ke arah memanjang atau ke arah melebar, permukaan bergelombang tak beraturan...

Modulus Elastis Tanah

Modulus elastis (Es) , modulus geser dan poisso’s ratio adalah bahan penting  untuk kepentingan untuk prinsip elastis properties. Ks (modulus subgrade) adalah perbandingan antara  ∆σ / ∆δ = perubahan tegangan dengan deformasi.prinsip ini digunakan untuk spring konstanta untuk pondasi dangkal, terutama pondasi Konstruksi sarang laba – laba (KSLL). Tabel 2-6 berbgai Nilai dari static stress dan strain modulus (Es) untuk jenis tanah yang diseleksi. Tergantung dari history dari stress dan kadar air Soil Es MPa Clay Very soft 2 - 15 Soft 5 - 25 Medium 15 -50 Hard 50 -100 Sandy 25 – 250 Glacial till Loose 10 – 153 Dense 144 – 720 Very Dense 478 – 1440 ...