Jalan KSLL precast System (JPS 02)
Telah dilaksanakan uji beban kendaraan lewat membuat Tim Litbang Katama semakin kuat keyakinan nya untuk meningkatkan ke tahap selanjutnya. karena disain precast jalan ksll yang di pimpin Dirut Katama (Kris Suyanto,drs) dan peneliti kedua oleh Hamboro Widodo,ST yang penerapan dibantu saudara Kukuh Adi C beserta tim lapangan Ir. Yantara S. pada dasarnya kecepatan waktu proses pembuatan jalan merupakan kunci utama dalam pengembangan infrastruktur modern. yang penting jalan secepat mungkin bisa dilewati. produksi yang semakin mudah terkait bahan bakunya. penggunaan modul JPS 02 ini merupakan pengembangan ksll yang paten nya dimiliki oleh PT. Katama. tiga komponen dasar yaitu rib, buhul dan plat beton, rangkaian 3 ini dibuat kan dalam modul terpisah dan disambung dilapangan dengan menggunaan pasta beton (aditive) dan bahan lainnya sehingga tergabung modul yang kuat. uji coba dilewati oleh sebuah loader (kendaraan angkut bahan material) , membuat tim dilapangan semakin yakin bahwa hasil nya akan memuaskan untuk penerapan dilapangan. jalan cepat ya jalan JPS02 (jalan ksll precast system) . pembiayaan riset ini dilakukan kerjasama dengan kementerian Ristek DIkti 2016 dan Waskita Beton Precast (WBP).
Gambar uji beban Lewat di JPS02
Dengan dikembangkan komponen rib yang modular membuat semakin cepat dan ramah lingkungan karena tanpa bekisting bahan kayu untuk proses produksi modul rib tersebut. modul rib diuat setara ketinggian 38 cm sehingga menjamin kendaraan yang lewat bisa berbuatan sumbu tengahnya 10 Ton. konstruksi rib modular ini disambungkan di buhul seperti sambungan precast pada umumnya tentu dengan detailing ciri khas ksll yang dimodif oleh hamboro dan tim, agar lebih mudah dilaksanakan di lapangan . dengan adanya plat modular juga mempersingkat proses curing pada plat beton terpasang, karena beton sudah ready di sabungkan. sedangkan pola jointing antar plat bertumpu di daerah antar pertemuan rib modular. pertemuan ini kemudian di cor dengan speed concrete yang 4 jam bisa dilalui atau dengan metode grouting untuk 1 hari bisa dilalui. modul JPS02 ini sungguh terobosan infrastruktur modern yang bisa digunakan untuk kecepatan dan kekuatan struktur jalan beton bertulangan. jalan 6 m x 150 m di modelkan bisa dilewat dalam 5 hari. inovasi yang sangat menguntungkan untuk sisi pembiayaan nya dan mampu dilewati beban kendaraan dengan sumbu gandar 10 ton .
Semarang, 23 Maret 2020
Hamboro widodo, ST
Pemerhati gempa dan infrastruktur.
Komentar
Posting Komentar