Langsung ke konten utama

Loading Test Konstruksi Sarang laba - laba pada Apron Juwata Tarakan

Uji Skala Penuh  Konstruksi Sarang laba - laba pada Apron Juwata Tarakan

Cuaca yang cerah di bumi kalimantan Utara, tepat nya di bandara Juwata Tarakan, Kaltara Indonesia. tepat dari mulai padi jam 09.00 WITA dilakukan serangkaian uji Loading Statik Load. Uji ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa kuat tegangan yang terjadi untuk beban yang bekerja (aktif) dan tingkat kehandalan KSLL terhadap beban. uji ini berlangsung di bawah pengetahuan Kementererian Perhubungan dan DInas Perhubungan Provinsi Kaltim Pada waktu itu. bekerjasama dengan pihak profesional dalam penyelenggaran test terebut dan dilakukan oleh PT. Katama Suryabumi selaku pemegang paten Perbaikan KSLL. 





luar biasa , uji beban yang dilakukan. beban 40 ton hanya penurunan 0,1 mm , peningkatan beban sampai 95 ton hanya terjadi penurunan 0,5 milimeter. 
Semoga karya anak negeri ini menjadi inspiring kepada kita semua, bahwa kita bisa untuk mewujudkan indonesia berdaulat akan inovasi untuk aplikasi perkerasan apron maupun perkerasan jalan. 


Penulis : Hamboro Widodo, pemerhati gempa dan infrastruktur, 29 Maret 2016



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Mengatasi beton setting dan Kegalauan ala Enjiner Pemula ....

Kuat beton terhadap beban sudah dipastikan disesuaikan dengan beban rencana. Modelling sudah turut ambil data dari berbagai kemungkinan kuat beton tidak tercukupi. Artinya ada toleransi jika mutu beton tidak mencapai yang telah disyaratkan. Banyak  kegagalan konstruksi yang diakibatkan kekurangan mutu kuat beton. Terlebih beton untuk konstruksi struktur bangunan utama, yaitu gedung, abutment dan pilar jembatan, bahkan yang digunakan untuk infrastruktur jalan. Ketika investigasi dalam internal audit dilaksanakan, banyak sekarang para enjiner pemula yang kurang berpengalaman dalam pelaksanaan di lapangan. Bekal informasi pengembangan teknologi beton yang kurang, sehingga begitu dihadapkan skedul kerja yang cepat maka banyak menemui kendala di lapangan. Para Enjiner Perencana Konstruksi sudah juga memberikan toleransi agar  bisa dilaksanakan di lapangan. Penting bagi Enjineer pelaksana atau yang Pemula , mengetahui karakterikstik beton mutu tinggi yang akan di pakai, sehingga bisa me

Pembuatan sampling matras (mineral untuk perkerasan jalan)

Matras (mineral untuk perkerasan jalan) Matras adalah sebuah teknologi perkerasan jalan yang menggunakan mineral additiv alami yang di mix dengan soil cement dalam komposisi tertentu solusi untuk tanah dasar berlempung dan sejenisnya. teknologi ini ditemukan oleh putra putra bangsa yang berdedikasi untuk menyumbangkan pemiikiran nya untuk sebuah karya inovasi, yang mudah, terjangkau dan memilli ketahanan terhadap beban lalu litas yang lewat. Untuk membuat campuran matras lebih efisien, maka dibuatkan lah sampling yang di uji UCS dengan berbagai berat matras nya. Pengujian ini nantinya akan: di berlakukan untuk komposisi yang lebih besar. terkait perbandingan berat atau masaa dari matrasnya dibandingkan tanah asli dibandingkan semennya. teknologi ini tepat digunakan untuk jalan yang kurang materail batu alam nya.