Langsung ke konten utama

Hari ini kita telah belajar Fokus,.....


Sobat semuanya, saya berusaha untuk mengenali arti kata fokus, dalam kamus wikipedia berarti titik pertemuan cahaya pada benda optik  (berhubungan dengan ilmu optik) . Tapi ini bisa diartikan konsentrasi. Dalam keseharian konsentrasi bisa diartikan kembali fokus. Orang bilang anda harus fokus dalam bisnis mu, atau pekerjaan mu. 
Dalam bidang saya tekuni yaitu bidang ilmu sipil, fokus berarti ya ada titik pertemuan atau gaya yang menuju dalam irisan bidang kerucut (sama yang di wikipedia matematik). Keterkaitan ini membuat kita lebih berusaha mendalami lagi akan arti fokus tersebut. Dan lebih hebat nya fokus atau konsentrasi ini memberikan arti bagi saya bahwa ada toleransi excentricitas antara titik berat masa bangunan atas dan titik berat masa pondasi nya, supaya jika ada atau terjadi excentrisitas bisa diantisipasi dengan penambahan bidang luasan distribusinya. Sory melebar pada pembahasan bidang saya yaitu konstruksi bangunan bawah alias pondasi. 
Distribusi beban kolom ke pondasi pun diharapkan ada titik utama atau fokusnya sehingga bisa di rancang untuk ketinggian rusuk yang memperkuat plat yang akan dipasang dalam sebuah sistem konstruksi bangunan bawah. Sistem ini menjadi dasar kami dalam merancang sebuah sistem pondasi sarang laba – laba. Sistem yang dipergunakan untuk menopang bangunan yang mengandalkan kekuatan tekan dari beton tersebut. Kemampuan beton dengan kekuatan beton berkarakteristik sekitar 225 kg/cm2, mampu untuk mendukung bangunan bertingkat 2 sampai 8, hal ini bisa terjadi dengan mengandalkan pelat yang diperkaku dengan rusuk, berpola segitiga bentuk stabil dan mengandalkan sistem perbaikan tanah di dalam rusuk berpola segitiga tadi.


Penulis : hamboro, pemerhati gempa dan infrastruktur, 19 Mei 2015.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ?

Tahukan Anda Keretakan Pada Rigid Pavement ? terdapat banyak retak jika kita perhatikan pada struktur rigid pavement, bisa kami sampaikan terdiri sebagai berikut : A. Retak Struktural Hancur ,  ciri - ciri : beton hancur, pecah menjadi berkeping keping kecil berukuran sekitar , 50 CM X 50 CM Penyebab : tekanan atau beban melampaui daya dukung tanah (tanah dasar soft soil) solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan sistem inovasi yang lebih kuat. Patah dan bergelombang ciri - ciri : rigid beton nya tampak patah dan bergelombang permukaan plat sebagian ambles dengan selisih tinggi > 1 cm dan bergelombang. Penyebab : konstruksi rigid nya kurang kaku, ada setlement dari lapisan tanah pendukung yang tidak rata. solusi : bongkar, bangun baru dengan menggunakan konstruksi yang lebih baik pada segment tersebut. Retak > 5 mm dan bergelombang ciri - ciri : Beton retak dalam satu arah ke arah memanjang atau ke arah melebar, permukaan bergelombang tak beraturan...

Modulus Elastis Tanah

Modulus elastis (Es) , modulus geser dan poisso’s ratio adalah bahan penting  untuk kepentingan untuk prinsip elastis properties. Ks (modulus subgrade) adalah perbandingan antara  ∆σ / ∆δ = perubahan tegangan dengan deformasi.prinsip ini digunakan untuk spring konstanta untuk pondasi dangkal, terutama pondasi Konstruksi sarang laba – laba (KSLL). Tabel 2-6 berbgai Nilai dari static stress dan strain modulus (Es) untuk jenis tanah yang diseleksi. Tergantung dari history dari stress dan kadar air Soil Es MPa Clay Very soft 2 - 15 Soft 5 - 25 Medium 15 -50 Hard 50 -100 Sandy 25 – 250 Glacial till Loose 10 – 153 Dense 144 – 720 Very Dense 478 – 1440 ...