Langsung ke konten utama

Hari ini kita telah belajar Fokus,.....


Sobat semuanya, saya berusaha untuk mengenali arti kata fokus, dalam kamus wikipedia berarti titik pertemuan cahaya pada benda optik  (berhubungan dengan ilmu optik) . Tapi ini bisa diartikan konsentrasi. Dalam keseharian konsentrasi bisa diartikan kembali fokus. Orang bilang anda harus fokus dalam bisnis mu, atau pekerjaan mu. 
Dalam bidang saya tekuni yaitu bidang ilmu sipil, fokus berarti ya ada titik pertemuan atau gaya yang menuju dalam irisan bidang kerucut (sama yang di wikipedia matematik). Keterkaitan ini membuat kita lebih berusaha mendalami lagi akan arti fokus tersebut. Dan lebih hebat nya fokus atau konsentrasi ini memberikan arti bagi saya bahwa ada toleransi excentricitas antara titik berat masa bangunan atas dan titik berat masa pondasi nya, supaya jika ada atau terjadi excentrisitas bisa diantisipasi dengan penambahan bidang luasan distribusinya. Sory melebar pada pembahasan bidang saya yaitu konstruksi bangunan bawah alias pondasi. 
Distribusi beban kolom ke pondasi pun diharapkan ada titik utama atau fokusnya sehingga bisa di rancang untuk ketinggian rusuk yang memperkuat plat yang akan dipasang dalam sebuah sistem konstruksi bangunan bawah. Sistem ini menjadi dasar kami dalam merancang sebuah sistem pondasi sarang laba – laba. Sistem yang dipergunakan untuk menopang bangunan yang mengandalkan kekuatan tekan dari beton tersebut. Kemampuan beton dengan kekuatan beton berkarakteristik sekitar 225 kg/cm2, mampu untuk mendukung bangunan bertingkat 2 sampai 8, hal ini bisa terjadi dengan mengandalkan pelat yang diperkaku dengan rusuk, berpola segitiga bentuk stabil dan mengandalkan sistem perbaikan tanah di dalam rusuk berpola segitiga tadi.


Penulis : hamboro, pemerhati gempa dan infrastruktur, 19 Mei 2015.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumbu Roda Kendaraan

Sumbu Roda Kendaraan untuk Beban Titik Bergerak Sebelum melakukan analisis data untuk sebuah desain perkerasan jalan, tentu akan mengenal sumbu roda kendaraan. untuk itu mari kita mengenal gambar untuk model model sumbu roda kendaraan yang ada di Standar Perencanaan Pekerasan Jalan di Bina Marga.   Pembagian prosentase pembebanan dapat dilihat dari skema gambar diatas.  Gambar Distribusi Pembebanan pada masing masing roda dapat secara jelas di deskripsikan. Sehingga DF (damage faktor) akibat perubahan pembebanan akan menjadi acuan kerusakan pada lapis perkerasan yang didesain. Secara cepat Kendaraan jika bermuatan lebih beban dari standar normal muat nya, dapat diprediksi daya rusaknya 4 kali lebih  cepat rusak dari  waktu rencana umur disain nya. jika melebihi Po = 8.16 ton untuk masing masing Sumbu Gandar.  Semarang, 12 April 2020 Hamboro widodo,ST Pemerhati infrastruktur.   

Mengatasi beton setting dan Kegalauan ala Enjiner Pemula ....

Kuat beton terhadap beban sudah dipastikan disesuaikan dengan beban rencana. Modelling sudah turut ambil data dari berbagai kemungkinan kuat beton tidak tercukupi. Artinya ada toleransi jika mutu beton tidak mencapai yang telah disyaratkan. Banyak  kegagalan konstruksi yang diakibatkan kekurangan mutu kuat beton. Terlebih beton untuk konstruksi struktur bangunan utama, yaitu gedung, abutment dan pilar jembatan, bahkan yang digunakan untuk infrastruktur jalan. Ketika investigasi dalam internal audit dilaksanakan, banyak sekarang para enjiner pemula yang kurang berpengalaman dalam pelaksanaan di lapangan. Bekal informasi pengembangan teknologi beton yang kurang, sehingga begitu dihadapkan skedul kerja yang cepat maka banyak menemui kendala di lapangan. Para Enjiner Perencana Konstruksi sudah juga memberikan toleransi agar  bisa dilaksanakan di lapangan. Penting bagi Enjineer pelaksana atau yang Pemula , mengetahui karakterikstik beton mutu tinggi yang akan di pakai, sehingga bisa me

Pembuatan sampling matras (mineral untuk perkerasan jalan)

Matras (mineral untuk perkerasan jalan) Matras adalah sebuah teknologi perkerasan jalan yang menggunakan mineral additiv alami yang di mix dengan soil cement dalam komposisi tertentu solusi untuk tanah dasar berlempung dan sejenisnya. teknologi ini ditemukan oleh putra putra bangsa yang berdedikasi untuk menyumbangkan pemiikiran nya untuk sebuah karya inovasi, yang mudah, terjangkau dan memilli ketahanan terhadap beban lalu litas yang lewat. Untuk membuat campuran matras lebih efisien, maka dibuatkan lah sampling yang di uji UCS dengan berbagai berat matras nya. Pengujian ini nantinya akan: di berlakukan untuk komposisi yang lebih besar. terkait perbandingan berat atau masaa dari matrasnya dibandingkan tanah asli dibandingkan semennya. teknologi ini tepat digunakan untuk jalan yang kurang materail batu alam nya.